Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, Pengadilan Agama (PA) Tenggarong memperkenalkan serangkaian program inovatif, termasuk layanan responsif yang diberi nama ‘Si Layar’.
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) memberikan apresiasi atas inisiatif inovatif tersebut. Asisten III Bidang Pemerintahan Umum, Dafip Haryanto, mengatakan bahwa inovasi dari PA Tenggarong, merupakan aktualisasi dari peningkatan layanan kepada masyarakat.
“Ini adalah indikator dari perkembangan teknologi informasi yang pesat dan integrasinya ke dalam lembaga peradilan,” ujar Dafip, yang mewakili Bupati Kukar.
Dafip menekankan bahwa PA Tenggarong telah menerapkan Undang-Undang pelayanan publik dengan menyelenggarakan persidangan secara digital. Sejak tahun 2021, Pemkab Kukar telah berkomitmen untuk menyederhanakan layanan publik melalui platform berbasis web, media sosial, atau aplikasi lainnya.
“Kami sangat mengapresiasi dan berharap layanan digital ini akan terus meningkat,” pungkas Dafip.
Sementara itu, Reni Hidayati, Kepala PA Tenggarong, mengakui bahwa wilayah Kutai Kartanegara adalah yang terluas kedua di Kalimantan Timur, sehingga diperlukan inovasi untuk melayani masyarakat dengan lebih baik.
“Kami menghadirkan ‘Si Layar’ sebagai solusi yang lebih cepat, tepat, dan efesien. Ini adalah langkah maju untuk mempercepat proses keadilan yang kini dapat diakses melalui satu genggaman,” jelas Reni. Aplikasi ‘Si Layar’ dapat diunduh melalui Play Store Android.
‘Si Layar’ menawarkan berbagai layanan mulai dari penda aran, putusan, regulasi, hingga informasi tarif yang merupakan bagian dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). PA Tenggarong juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara dalam bentuk pendelegasian regulasi untuk perwakilan Kemenag di tingkat kecamatan, termasuk pengurusan akte cerai.
Reni menambahkan bahwa lembaganya terus berupaya memberikan prestasi dan telah mendapatkan penghargaan sebagai lembaga peradilan yang informatif dengan layanan terbaik di Kalimantan Timur.
“Kami juga menyediakan ruang tunggu yang nyaman untuk mereka yang sedang menyelesaikan perkara di kantor PA Tenggarong,” tutup Reni.
(Adv/Diskominfokukar)