PORTALBORNEO.OR.ID, TENGGARONG – Meningkatkan kualitas layanan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) menggelar pelatihan dan sertifikasi profesi bagi 20 resepsionis hotel di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (3/6/2025).
Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan sumber daya manusia perhotelan menghadapi peluang besar seiring pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur yang terus berkembang pesat.
Sekretaris Dispar Kukar, Sugiarto, menjelaskan bahwa pelatihan bertujuan tidak hanya meningkatkan kompetensi peserta, tetapi juga mendorong pertumbuhan sektor perhotelan dengan menghadirkan pelayanan berkualitas.
“Pelayanan yang baik adalah kunci utama kepuasan tamu, sehingga mereka merasa nyaman dan berpotensi kembali. Ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Kukar,” jelas Sugiarto saat membuka acara.
Selain hotel besar, Dispar Kukar juga fokus membekali penginapan alternatif seperti homestay dan guest house agar mampu memberikan layanan profesional dan ramah tamu, sehingga dapat bersaing di pasar pariwisata yang semakin kompetitif.
Untuk memperkaya materi pelatihan, Dispar Kukar berkoordinasi dengan hotel-hotel di Samarinda dan Balikpapan untuk mengadopsi model pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan Kukar.
“Kami mengajak seluruh stakeholder untuk berkolaborasi, membangun kemitraan yang solid demi kemajuan pariwisata daerah,” tambah Sugiarto.
Ia berharap seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di tempat kerja masing-masing demi meningkatkan citra layanan wisata di Kukar.
“Target kami, Kukar dikenal sebagai daerah dengan layanan wisata yang profesional dan ramah, sehingga mampu menarik lebih banyak pengunjung,” tutupnya.