Manajemen Desa Kunci Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Foto: Kepala DPMPD Kaltim, Anwar Sanusi (ist)

Foto: Kepala DPMPD Kaltim, Anwar Sanusi (ist)

Portalborneo.or.id, Samarinda – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Anwar Sanusi, menekankan pentingnya manajemen desa sebagai landasan untuk pengelolaan dan pengembangan desa agar dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Manajemen desa mencakup aspek pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), pengelolaan keuangan, pengembangan infrastruktur, serta pengembangan sektor ekonomi di desa.

Anwar Sanusi menegaskan bahwa untuk menjalankan manajemen desa dengan sukses, diperlukan kerjasama dan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat, termasuk kepala desa, perangkat desa, masyarakat, dan stakeholder lainnya.

Berita Lainnya:  Pacu Pemanfaatan Digitalisasi, Dispora Rancang Pembekalan Iptek

“Dari 841 desa di Kaltim, kami berharap agar mereka membangun infrastruktur dan mengelola anggaran desa sesuai dengan kebutuhan masing-masing, baik desa yang berada dekat dengan perkotaan maupun yang berada di pelosok,” ucap Anwar.

Menurutnya, tujuan dari manajemen desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Ini dapat dicapai dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, memberikan pelatihan dan pendidikan yang dibutuhkan, serta membangun kemitraan dengan pihak luar yang dapat memberikan dukungan dan bantuan dalam pengembangan desa,” tambahnya.

Berita Lainnya:  Masjid Agung Gunung Batu Putih Samarinda

(adv)

...

Bagikan :

Email
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
[printfriendly]

terkait

.